Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Umum

DNAku tidak memberikan saran medis, namun  menganjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat keputusan ataupun tindakan medis.

DNAku tidak memiliki kebijakan pengembalian. Pesanan yang sudah dibayar tidak dapat dikembalikan.

Kuesioner DNAku bersifat wajib.

Setiap pelanggan harus mengisi data dengan sebenar-benarnya. DNAku mungkin akan melakukan konfirmasi ulang mengenai jenis kelamin sebagai bagian dari upaya penjaminan data sampel DNA di laboratorium.

DNAku tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan/atau kesalahan yang disebabkan oleh pelanggan.

Pengambilan Sampel

Pelanggan wajib mengikuti instruksi / tata cara pengambilan sampel yang terdapat pada DNA key atau dapat ditemukan di https://dnaku.id/.

Pada kondisi tertentu ketika jumlah sampel DNA tidak memadai, maka DNAku akan mengirimkan satu kit baru secara cuma-cuma untuk pengambilan ulang sampel. Akibat dari hal ini mungkin dapat terjadi keterlambatan selesainya report. DNAku tidak berkewajiban untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apapun.

Pada kondisi tertentu ketika hasil pemrosesan sampel DNA tidak mencapai standar kualitas yang telah ditetapkan DNAku, maka DNAku akan melakukan pemrosesan ulang sampel DNA. Akibat dari hal ini mungkin dapat terjadi keterlambatan selesainya report. DNAku tidak berkewajiban untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apapun.

DNAku menggunakan teknologi microarray untuk mendeteksi varian yang telah menjadi bagian dari panel Illumina® Asian Screening Array. Varian yang menjadi bagian dari panel ini bersifat inklusif namun tidak menyeluruh pada saat laporan ini dibuat.

DNAku melakukan segala upaya untuk memberikan hasil yang akurat dan mutakhir mengacu pada hasil kajian literatur dan hasil penelitian terbaru serta terpercaya, namun tidak dapat memberikan jaminan sebagai suatu kebenaran. Oleh karena itu, pelanggan tidak dapat mengajukan keberatan atau klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan pengujian dan hasil pengujian yang telah dilakukan oleh DNAku.

Sampel DNA pelanggan akan disimpan di laboratorium DNAku dan terjaga keamanannya. Persediaan sampel DNA dapat habis karena proses pengerjaan laboratorium.

Kebijakan Penelitian Umum

DNAku bermaksud untuk melaksanaan dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan memajukan kesehatan masyarakat khsusnya di Indonesia.

DNAku bekerjasama dengan badan riset nasional / internasional untuk melakukan penelitian. Topik penelitan yang mungkin akan dilaksanakan, namun tidak terbatas pada: pengaruh faktor genetik pada penyakit dan sifat, hubungan antar penyakit, pengembangan obat baru, pengembangan cara diagnosa baru, dan penyembuhan penyakit. 

DNAku tidak berkewajiban untuk memberikan kompensasi apabila produk atau layanan yang dikembangkan dari hasil penelitian DNAku kemudian dikomersialkan.

DNAku menyimpan data kuesioner dan genetik secara agregat. Data agregat (kumpulan) adalah gabungan dari banyak data. Data yang diolah secara agregat tidak akan bisa dikaitkan secara individu. Contoh pengolahan data agregat berupa: Sebanyak 70% dari perempuan di usia 20-25 tahun mengalami depresi minor.

Data agregat mungkin akan digunakan oleh partner DNAku sebagai pihak ketiga untuk kepentingan penelitian. Pihak ketiga tidak memiliki akses terhadap data identifikasi pribadi, kecuali usia berdasarkan tahun.

Penelitian oleh DNAku bersifat terbuka; terdapat kemungkinan pelanggan akan dihubungi kembali oleh DNAku untuk kepentingan penelitian.

DNAku dapat mengganti syarat dan ketentuan dengan bebas tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Keamanan data

Kami patuh terhadap kode etik penelitian internasional untuk menjamin terjaganya martabat, hak, dan kesejahteraan peserta penelitian. Setiap pelanggan juga berhak untuk dijaga datanya agar tidak disalahgunakan.

DNAku berupaya maksimal untuk menjamin keamanan data. DNAku secara aktif mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan mengambil beberapa langkah keamanan siber.

DNAku menjamin adanya persetujuan yang jelas yang mengatur kerjasama dengan badan riset sebagai upaya keamanan data. Persetujuan tersebut mencakup batasan akses data dan jaminan bahwa tidak ada data yang akan disalahgunakan.

Tim DNAku memiliki akses terbatas terhadap data pribadi pelanggan.

DNAku menjalankan pengujian sesuai dengan jenis pengujian yang sepenuhnya ditentukan oleh pelanggan.

Kebijakan data anonim personal

Persetujuan untuk digunakan data anonim personal bersifat sukarela dan bisa diubah.

Data anonim personal adalah data personal yang telah dihilangkan identifikasi seperti nama, nomor identitas, alamat dan email). Data personal tersebut kemudian disimpan dengan kode tertentu, misalnya A1B2C3. Contoh pengolahan data anonim personal berupa: User A1B2C3 dengan genotip C/C pada rs1805007 tidak pernah mengalami kejang-kejang.

Data anonim personal sangat dibutuhkan oleh para peneliti kesehatan karena dapat memberikan kajian lebih mendalam dibanding data agregat. Data ini memungkinkan peneliti kesehatan untuk melakukan analisa yang lebih komprehensif.

DNAku tidak akan meminjamkan, menyewakan, ataupun menjual data kuesioner dan genetik personal tanpa pesetujuan eksplisit seperti yang diatur pada Kebijakan Data Anonim Personal.

Anda dapat keluar dari penelitian dengan data anonim personal tanpa alasan apapun dengan menghubungi hotline DNAku dan menyampaikan keinginan untuk mengubah status persetujuan.

Dibutuhkan kurang lebih 20 hari kerja sebelum status tersebut dapat benar-benar terubah dari menyetujui ke tidak menyetujui dan untuk tidak diikutkan ke dalam penelitian lainnya; DNAku akan berupaya namun tidak menjamin data anonim personal yang sudah dimasukkan ke dalam penelitian dapat seluruhnya ditarik kembali.

Jika anda memutuskan ikut berperan dalam penelitian, maka anda akan memberikan manfaat dalam ikut meningkatkan ilmu pengetahuan khalayak umum, membantu penelitian di bidang kesehatan, dan memajukan kesehatan masyarakat Indonesia.

DNAku menjamin adanya persetujuan yang jelas yang mengatur kerjasama dengan badan riset sebagai upaya keamanan data. Persetujuan tersebut mencakup batasan akses data dan jaminan bahwa tidak ada data yang akan disalahgunakan.

Penelitian oleh DNAku bersifat terbuka, ada kemungkinan pelanggan akan dihubungi kembali melalui website dnaku.id untuk mengisi kuesioner lanjutan yang tidak bersifat wajib.